Melia Propolis

Kata Propolis berasal dari bahasa Yunani, PRO berarti sebelum, POLIS bermakna kota. Kota dalam kehidupan serangga sosial itu adalah sarang. Secara harfiah Propolis bermakna sebelum sampai kota. Bagi lebah propolis bermanfaat untuk meambal celah-celah sarang, menutup lubang, dan mensterilkan sarang. “Kota” lebah selalu dalam kondisi steril berkat propolis.

Propolis adalah zat yang diekstrak dari resin yang dikumpulkan oleh lebah pekerja khusus yang tugasnya mencari resin dari pucuk daun-daun muda yang baru tumbuh dan bagian kulit batang pohon tertentu. Oleh lebah pekerja, di sarang resin tersebut dicampur sedikit dengan lilin lebah, madu dan enzym sebelum akhirnya menjadi propolis. Propolis gunanya untuk menambal sarang lebah yang bocor, mensterilkan dan memperkuat sarang. Selain itu, fungsi propolis yang tidak kalah pentingnya bagi lebah adalah membungkus bangkai binatang yang masuk ke sarang lebah agar tidak menyebarkan penyakit. Jadi propolis dipakai oleh lebah untuk mensterilkan sarang, menghentikan pertumbuhan dan penyebaran bakteri, virus dan jamur. Sifat disinfektan alami yang terkandung dam propolis sangat ampuh dalam membunuh kuman, terbukti dengan ditemukannya seekor tikus dalam sarang lebah yang telah mati selama kurang lebih 5 tahun dalam keadaan tidak membusuk.

Belajar dari efektifitas propolis bagi lebah dan khasiatnya yang bersifat antiseptik, antibakterial, antifungal, antiviral, anti-inflammatory, antioxidant, immunostimulant, anaesthetic, maka manusia kemudian ikut menggunakan propolis dalam pengobatan khususnya untuk menghentikan pertumbuhan dan penyebaran bakteri, virus dan jamur.

Propolis mengandung ratusan bahan kimia dan para ilmuwan baru berhasil mengidentifikasi dan memberi nama sekitar 30-an dari bahan-bahan tersebut. Salah satu bahan istimewa yang terdapat di dalam propolis adalah bioflavonoid, yaitu zat antioksidan sebagai suplemen sel. Menurut penelitian, kandungan bioflavonoid pada satu tetes propolis setara dengan bioflavonoid yang dihasilkan dari 500 buah jeruk.

Komposisi propolis yang baru dipanen dari sarang lebah umumnya terdiri dari kurang lebih 50% resin, 30% lilin lebah, 10% essential oils, 5% pollen dan 5% sisa-sisa tanaman. Karena komposisi yang demikian tidak seluruh bagia propolis bisa dimakan sebagai obat atau makanan suplemen.

Setelah dipanen dari sarangnya, propolis harus diekstrasi dengan air atau minyak makan untuk mengambil bahan-bahan yang bisa dimakan tersebut.

Propolis sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan bakteri yang resistant terhadap antibiotik buatan manusia. Dalam sebuah tes alamiah dengan cell-culture test terbrkti propolis paling efektif melawan bakteri patogen jenis gram positif seperti Staphylococcus sp (antara lain penyebab infeksi saluran kencing), Clostridium sp (antara lain penyebab perut / gastrointestinal), Corynebacterium diphtheriae (penyebab diphtheriae) dan jenis-jenis Streptococcus sp (antara lain penyebab infeksi tenggorokan, infeksi sinus dan scarlet fever). Bakteri gram negatif yang juga efektif dilawan dengan propolis antara lain Klebsiella pneumonia (penyebab pneumonia dan bronchitis) dan Pseudomonas sp (antara lain penyebab infeksi pada luka)

Bukti ilmiah lain adalah seperti yang dipublikasikan di Archives of Pediatric and Adolescent Medicine dimana 430 anak secara random diterapi dengan propolis selama musim dingin dan dibandingkan dengan anak lain yang diberi obat buatan pabrik. Musim dingin dipilih karena pada musim ini pada umumnya anak-anak muda terkena infeksi saluran pernafasan. Hasil tes tersebut menunjukkan bahwa anak-anak yang diberi propolis terkena infeksi saluran pernafasan 55% lebih rendah dibandingkan dengna anak-anak yang lain yang mendapatkan obat dari pabrik.

Penelitian-penelitian lain yang dilakukan di Belanda, Rumania dan Polandia menunjukkan hasil yang sejalan dengan penelitian tersebut di atas. Penggunaan propolis untuk pencuci mulut (mouth rinses) ternyata juga sangat efektif untuk menghentikan pertumbuhan bakteri-bakteri yang secara umum  berada di mulit. Bakteri-bakteri ini pada umumnya, menyebabkan kerusakan gigi, penyakit gusi, cavities dan plque pada gigi. Penelitian ilmiah yang menunjang hal ini telah dilakukan antara lain di Brazil dan di Jepang.

Penelitian yang dilakukan di Jepang bahkan menunjukkan bukti lain bahwa pasien bedah mulut yang kemudian menggunakan propolis sebagai pencuci mulut mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat, lebih bersih dan rasa sakit. Inflamasi yang sangat berkurang dibandingkan pasien lain yang menggunakan pencuci mulut buatan pabrik. Propolis yang dicampur dengan madu terbukti menyembuhkan luka lebih cepat dari Silver Sulfadiazine (SS). Di Brasil bahkan propolis telah digunakan untuk pengobatan AIDS karena terbukti menghambat replikasi virus HIV. Penelitian di State Medical University of Ukraina juga membuktikan seluruh pasien yang terkena Herpes Simplex Infection berhasil disembuhkam dengan propolis.

Penelitian-penelitian lain di berbagai negara tidak henti-hentinya menemukan bukti baru atas efektifitas propolis sebagai obat untuk berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur dan masuknya bahan kimia berbahaya ke dalam tubuh (keracunan)

Kesaksian-kesaksian penyembuhan oleh propolis dan penelitian-penelitian para ahli, mulai dari jaman sebelum masehi sampai jaman modern :

1. Di Yunani, Propolis telah dikenal sebagai pengobatan luka-luka dan berbagai penyakit yang tidak bisa disembuhkan.

2. Mesir telah mengenal propolis sebagai pengobatan dan symbol keagamaan.

3. Romawi memuja lebah dan propolis sebagai pengobatan, ahli jiwa menggunakan propolis sebagai obat ekstrak dari sengatan dan semua zat-zat racun, mengurangi pembengkakan, mengendorkan serta menggentengkan rasa sakit di otot.

4. Geradis 1579 (Histories of Plants). Propolis memiliki zat yang dapat menyembuhkan dengan cepat dan efektif digunakan pada jaman perang BOER sebagai penyembuh luka.

5. Nicholas Culpeper (Compleat Herbal). Propolis baik untuk panas serta pengobatan luka bakar

6. University of Columbia. Propolis dapat membantu sistem kekebalan tubuh pada manusia dan juga sanat efektif melawan infeksi, serta menemukan suatu zat anti kanker.

7. Dokter di Chechoslovakia. Mempergunakan propolis sebagai alat sterilisasi.

8. Prof. Arnold Backett. propolis adalah obat yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit yang diakibatkan oleh virus, bakteri dan jamur.

9. Dr. John Graange. Dept of Microbiology, National Health. propolis dapat mengembangkan regenerasi jaringan peghubung tulang rawan.

10. Philip Calder, Dept. Biokimia Oxford University. Propolis sangat efektif untuk membasmi bakteri.

11. David James (Terapi ahli gizi). Propolis telah terbukti menyembuhkan pasien-pasien yang berpenyakit kronis dan berpenyakit mulut dengan cepat.

12. Philip Wander, seorang Dr. Gigi. Mempergunakan propolis untuk mengobati pasien sakit gigi, gusi dan penyakit mulut lainnya.

13. Dr. Franz K Fleks (Austria). Mempergunakan propolis untuk penyembuhan luka-luka borok, sehat dalam 3 hari.

14. Team Riset Rusia. Didalam propolis terdapat zat antibiotik alami dan anti viral yang tidak mempunyai efek samping, vitamin, asam amino, mineral, serta sangat mujarab untuk penyakit infeksi perut, mulut, tenggorokan

15. Dr. Peter Mansfield. Menggunakan propolis untuk penyembuhan demam, panas dan flu.

16. Mitza Vonsjak (Bekas Menlu Yogoslavia). memberikan propolis untuk temannya Rudi yang menderita kanker dan sembuh dalam waktu satu bulan.

17. Dr. Fang Chu (Workers Hospital Lienyukang RRC). Pasien yang mengidap penyakit kandungan lemak tinggi dalam darah dan berpenyakit jantung dapat disembuhkan dengan Propolis (kandungan lemak menurun).

18. Institute of Radiology Sarajevo. Propolis digunakan untuk mengobati pasien/penyakit kanker akibat radiasi

19. V.P. Kivalkina (Majalah Antibiotics). Propolis adalah sangat efektif untuk infeksi dan tanpa kadarluasa.

Cara Pemesanan

Propolis Melia Nature

1 Botol Propolis Melia Nature Harga Rp. 115.000 dengan Isi 6 ml/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0818-0635-7728, tuliskan: Pesan Propolis Melia Nature, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( Untuk Menentukan Ongkos Kirim )

This entry was posted in Jual Propolis and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.